Nasihat subuh .. Ayo semua bersatu ..

 Fatwa Syaikh Ibnu Baaz Tentang  Jamaah dan Harakah

  الذي يقول بأن الجماعات الإسلامية من الفرق التي أمر  النبي صلى الله عليه وسلم باعتزالها هل فهمه غير صحيح؟  س 7: إذا يا شيخنا الكريم ، الذي يقول: بأن هذه الجماعاتالإسلامية من الفرق التي تدعو إلى جهنم والتي أمر النبيباعتزالها فهمه على كلامكم غير صحيح؟  ج 7: الذي يدعو إلى كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليهوسلم ليس من الفرق الضالة ، بل هو من الفرق الناجيةالمذكورة في قوله صلى الله عليه وسلم: افترقت اليهود علىإحدى وسبعين فرقة وافترقت النصارى على اثنين وسبعينفرقة وستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النارإلا واحدة قيل ومن هي يا رسول الله؟ قال من كان على مثلما أنا عليه اليوم وأصحابي وفي لفظ: ” هي الجماعة ” .  والمعنى: أن الفرقة الناجية: هي الجماعة المستقيمة على ماكان عليه النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه رضي اللهعنهم . من توحيد الله ، وطاعة أوامره وترك نواهيه ،والاستقامة على ذلك قولا وعملا وعقيدة ، هم أهل الحق وهمدعاة الهدى ولو تفرقوا في البلاد ، يكون منهم في الجزيرةالعربية ، ويكون منهم في الشام ، ويكون منهم في أمريكا ،ويكون منهم في مصر ، ويكون منهم في دول أفريقيا ،ويكون منهم في آسيا ، فهم جماعات كثيرة يعرفون بعقيدتهموأعمالهم ، فإذا كانوا على طريقة التوحيد والإيمان باللهورسوله ، والاستقامة على دين الله الذي جاء به الكتاب وسنةرسوله صلى الله عليه وسلم فهم أهل السنة والجماعة وإنكانوا في جهات كثيرة ، ولكن في آخر الزمان يقلون جدا .  فالحاصل: أن الضابط هو استقامتهم على الحق ، فإذا وجدإنسان أو جماعة تدعو إلى كتاب الله وسنة رسوله صلى اللهعليه وسلم ، وتدعو إلى توحيد الله واتباع شريعته فهؤلاءهم الجماعة ، وهم من الفرقة الناجية ، وأما من دعا إلى غيركتاب الله ، أو إلى غير سنة الرسول صلى الله عليه وسلم فهذاليس من الجماعة ، بل من الفرق الضالة الهالكة ، وإنما الفرقةالناجية: دعاة الكتاب والسنة ، وإن كانت منهم جماعة هناوجماعة هناك ما دام الهدف والعقيدة واحدة ، فلا يضر كونهذه تسمى: أنصار السنة ، وهذه تسمى: الإخوان المسلمين ،وهده تسمى: كذا ، المهم عقيدتهم وعملهم ، فإذا استقامواعلى الحق وعلى توحيد الله والإخلاص له واتباع رسول اللهصلى الله عليه وسلم قولا وعملا وعقيدة فالأسماء لا تضرهم، لكن عليهم أن يتقوا الله ، وأن يصدقوا في ذلك ، وإذا تسمىبعضهم بـ: أنصار السنة ، وتسمى بعضهم بـ: السلفيين ، أوبالإخوان المسلمين ، أو تسمى بعضهم بـ: جماعة كذا ، لا يضرإذا جاء الصدق ، واستقاموا على الحق باتباع كتاب اللهوالسنة وتحكيمهما والاستقامة عليهما عقيدة وقولا وعملا ،وإذا أخطأت الجماعة في شيء فالواجب على أهل العلمتنبيهها وإرشادها إلى الحق إذا اتضح دليله  والمقصود: أنه لا بد أن نتعاون على البر والتقوى ، وأن نعالجمشاكلنا بالعلم والحكمة والأسلوب الحسن ، فمن أخطأ فيشيء من هذه الجماعات أو غيرهم مما يتعلق بالعقيدة ، أوبما أوجب الله ، أو ما حرم الله نبهوا بالأدلة الشرعية بالرفقوالحكمة والأسلوب الحسن ، حتى ينصاعوا إلى الحق ، وحتىيقبلوه ، وحتى لا ينفروا منه ، هذا هو الواجب على أهلالإسلام أن يتعاونوا على البر والتقوى ، وأن يتناصحوا فيمابينهم ، وأن لا يتخاذلوا فيطمع فيهم العدو . 

Ada yang mengatakan bahwa jama’ah-jam’ah Islam yang ada saat ini adalah firqah-firqah yang diperintahkan oleh Nabi ﷺ untuk ditinggalkan, apakah ini pemahaman yang benar?  Begini wahai syaikh kami yg mulia, ada orang yang mengatakan: bahwasanya Jama’ah-Jama’ah Islamiyyah yang ada saat ini termasuk kelompok-kelompok yang memanggil (pelakunya) ke neraka Jahannam, yang  oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diperintah untuk menjauhinya, apakah pemahaman ini menurut anda benar atau tidak? 

Jawab: Mereka yang menyeru pada Kitabullah dan Sunnah RasulNya  Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah termasuk firqah yang sesat, bahkan ia termasuk firqah yang selamat yang disebutkan dalam sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:
Berpecah Yahudi menjadi 71 golongan, berpecah Nasrani ke dalam 72 golongan, dan akan berpecah ummatku ke dalam 73 golongan, semua di neraka kecuali 1, lalu ditanyakan: Siapa mereka wahai Rasulullah? Jawab beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: Yaitu mereka yang seumpama aku atasnya hari ini dan para sahabatku. Dalam lafazh yang lain: Al Jama’ah. 
Maknanya: Bahwa firqah yang selamat adalah Jama’ah yang lurus sesuai Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya Radhilallahu ‘Anhum, dalam mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta’ala, mentaati perintahNya dan menjauhi laranganNya, dan istiqamah atas hal tersebut baik perkataan, perbuatan dan aqidah, mereka itu adalah Ahlul Haqq dan mereka adalah para da’i kepada petunjuk, sekalipun mereka tercerai-berai di pelosok negeri. Mereka ada yang di Jazirah Arab, ada yang di Syam (Iraq, Syria), ada yang di Amerika, ada yang di Mesir, ada yang di negeri Afrika, ada yang di Asia, mereka adalah JAMA’AH YANG BANYAK SEKALI yang dikenali melalui aqidah & amal-amal mereka, tetapi mereka ada di atas jalan Tauhid & Iman pada  Allah & RasulNya dan istiqamah di atas Dinullah yang datang atasnya Al Qur’an & Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam , maka mereka semua adalah  Ahlus Sunnah wal Jamaah , sekalipun mereka  dalam bentuk yang beragam, tetapi di akhir zaman mereka sedikit sekali. 

Alhasil yang dipegang adalah istiqamah mereka di atas Al Haq, jika ditemukan manusia atau jama’ah yang mengajak kepada Kitabullah dan Sunnah RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam , mengajak mentauhidkan Allah ‘Azza wa Jalla dan mengikuti syariatNya maka MEREKA SEMUA ITULAH AL JAMA’AH, DAN MEREKA TERMASUK FIRQAH NAJIYYAH. Adapun mereka yang menyeru kepada selain kitabullah, atau kepada selain Sunnah Ar Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam maka mereka itu bukan termasuk Al-Jama’ah, bahkan termasuk firqah yang sesat dan binasa, karena firqah an-najiyyah (yang selamat) adalah penyeru kepada Al-Kitab dan As-Sunnah, sekalipun mereka adalah Jama’ah disini atau Jama’ah disana, sepanjang tujuan & aqidah mereka satu.

MAKA TIDAK MASALAH BAHWA YANG INI BERNAMA ANSHARUS SUNNAH, DAN YANG INI BERNAMA AL IKHWAN AL MUSLIMUN, dan yang itu bernama anu, yang penting aqidah dan amal mereka, jika mereka istiqamah atas Al Haq dan atas Tauhidullah dan Ikhlas kepadaNya dan mengikuti RasulullahShallallahu ‘Alaihi wa Sallam perkataan, perbuatan dan aqidah maka NAMA APAPUN TIDAK MENJADI MASALAH. Tetapi wajib bagi mereka bertaqwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan benar dalam ketaqwaannya, ADAPUN SEKALI LAGI BAHWA SEBAGIAN MEREKA DISEBUT ANSHARUS SUNNAH DAN SEBAGIAN LAGI DINAMAKAN AS-SALAFIYYUN ATAU DINAMAKAN AL IKHWAN AL MUSLIMUN atau disebut dengan nama Jama’ah anu, tidak masalah jika mereka benar, istiqamah atas Al-Haq, mengikuti Al Kitab dan As Sunnah dan berhukum kepada keduanya dan istiqamah atas keduanya aqidah, perkataan dan perbuatan, dan jika Jama’ah tsb salah dalam sesuatu masalah maka wajib bagi ahlul ‘ilmi untuk memperingatkan dan menasihatinya kepada Al Haq jika dalilnya sudah jelas. 

Yang dimaksud adalah wajib bagi mereka saling tolong-menolong dalam kebaikan dan taqwa dan mengobati permasalahan kita dengan ilmu dan hikmah dan dengan uslub yang baik, barangsiapa yang tersalah dalam hal apapun di antara Jama’ah-jama’ah ini atau juga pada selain mereka dalam masalah aqidah atau dari apa yang diwajibkan Allah ‘Azza wa Jalla atau dari apa yang diharamkan Allah maka hendaklah dinasihati berdasarkan dalil-dalil syar’iyyah DENGAN CARA YANG LEMAH LEMBUT, BIJAKSANA dan USLUB YANG BAIK hingga mereka kembali kepada kebenaran dan sampai mereka mau menerimanya dan jangan sampai mereka lari daripadanya, maka hal ini adalah wajib bagi semua orang Islam untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dan taqwa dan untuk saling menasihati diantara mereka dan agar tidak dicaci-maki sehingga mengakibatkan terjadinya permusuhan.    

(Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz, Majmu’ Fatawa, 8/181-183) 

-Abu Hudzaifi-
kajian whatsapp - i love islam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silakan Berkomentar...